[BUS] Scania K360iB, Chassis Premium Favorit

Semua Bismania sudah paham dengan Chassis yang satu ini. Chassis Premium asal Negeri IKEA ini merupakan Chassis favorit bagi seluruh kaum Bismania. Bahkan, Scania juga bisa bersaing dengan beberapa pabrikan Chassis seperti Mercedes hingga Hino! 

Scania K360iB, merupakan Chassis oremium buatan Scania yang diperuntukan untuk bus jarak jauh. Chassis Premium ini sudah lama menghiasi perbisan indonesia sejak 2012 lalu saat APM Scania, yakni PT United Tractors Indonesia memperkenalkan Scania K360ib 4x2 dan 6x2 di ajang IIMS 2012 lalu

Saat ini, di 2021, sudah banyak PO yang memakai Chassis ini, diantaranya SAN, Rosalia Indah, Agra Mas, bahkan Sudiro Tungga Jaya (STJ) pun juga tak mau kalah memiliki Chassis ini.

Kenyamanan dan Keamanan

Scania K360iB memakai suspensi angin atau biasanya dipanggil air suspension Yang keseluruhannya dikontrol dengan sistem elektronik. Sistem ini juga dipadukan dengan adanya Kneeling and Lowering. Bahkan, Chassis ini juga dilengkapi dengan Comfort Shifting sehingga perpindahan gigi lebih halus dan enak digeser.

Sistem keamanan pada bus ini juga hampir menyerupai mobil, dilengkapi dengan ABS, EPS, APS. dengan demikian, bus memiliki tingkat keamanan yang bagus. Bus ini juga dilengkapi dengan Adaptive Curise Control, pembersih minyak mesin setrifugal, dan pembatas kecepatan. Rem yang digunakan adalah rem cakram depan belakang. Fitur keselamatan lainnya adalah kontrol traksi, katup interlock dengan rem parkir, lapisan bebas asbes sehingga aman, sensor kebakaran yang berjumlah tiga buah yang diletakan di ruang mesin, serta adanya fungsi hill hold yang sistemnya mirip dengan yang ada di mobil.

Mesin dan Performa

Scania K360iB memakai mesin DC 13 108 yang sudah teresertifikasi Euro 3. Sementara, tenaga yang dihasilkan bisa digeber hingga 265 kW atau 360 tenaga kuda, dengan maksimal torsi hingga 1750 nm. Mesin ini sudah dilengkapi dengan Turbocharger, intercooler, Scania PDE Injection, serta pembersih udara. 

Gearbox atau Transmisi

Transmisi yang digunakan adalah transmisi tipe G875R, semuanya 8 percepatan Opticruise dengan kick down dan minyak pendingin untuk mendinginkan gearbox. Gearbox ini merupakan gearbox terbaik yang saya lihat.

Kapasitas Bahan Bakar 

Kapasitasnya mencapai 310 liter. Tangki bahan bakarnya menggunakan material polyethylene, serta dilengkapi dengan filter pemisah bahan bakar agar tidak kemasukan kotoran.

Sumber : Berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[RAILWAYS] Lokomotif CC 206 (GE CM20EMP), Lokomotif dengan Populasi Terbanyak se Indonesia

[RAILWAYS] Perkembangan Livery Kereta Api Indonesia dari masa ke masa

[RAILWAYS] Livery Facts of Indonesian Railways Locomotives